Kamis, 12 Agustus 2010

Memahami Dualitas Kehidupan


Memahami Dualitas Kehidupan
Judul buku: Alquran Dalam Keseimbangan Alam dan Kehidupan
Penulis: Dr Ir Ahmad Khalid Allam, dkk
Penerjemah: Abd Rohim Mukti, Lc M.M.
Penerbit: Gema Insani Press
Cetakan: I, Agustus 2005
Salah satu fenomena paling menarik dalam kehidupan ini adalah adanya dualitas (berpasang-pasangan). Ada kehidupan, ada kematian. Ada laki-laki, ada perempuan. Ada kaya, ada miskin. Ada bumi, ada langit. Ada malam, ada siang. Semua itu berjalan selaras, dan seimbang.
Bahkan seorang Albert Einstein, ilmuwan terbesar di abad ke-20 pun pernah menyatakan kekagumannya tentang keseimbangan kehidupan. Keteraturan yang sangat presisi, menata gerak setiap partikel alam ini dalam harmoni. Bayangkan, kalau sekali waktu saja, bumi tidak berotasi sebagaimana mestinya, niscaya dunia ini akan hancur binasa.
Buku ini menjelaskan bahwa fenomena dualitas kehidupan sengaja diciptakan oleh Allah SWT agar manusia dapat memikirkan tanda-tanda kebesaran-Nya. Alquran mengungkap fakta-fakta keselarasan itu dengan jelas, sehingga kita dapat melihat fenomena alam dan kehidupan dalam keseimbangan. Seperti firman Allah dalam Alquran, ''Segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.'' (QS Adz-Dzaariyaat [51]: 49)
Para penulis menegaskan bahwa dualitas merupakan hukum alam yang tampak manifestasinya pada setiap sisi alam yang ada di sekitar kita. Di antaranya ada yang kita pahami dan ada pula yang belum kita pahami. Buku yang ditulis oleh para pakar di bidang ilmu pengetahuan dan keislaman ini berusaha memaparkan secara ilmiah, mengenai dualitas kehidupan. Baik dari sisi manusia, alam, sosial maupun ayat-ayat Alquran.
Penulis membagi bukunya menjadi tujuh bab, yakni dualitas pembagunan (bagian satu), dualitas pembangunan (bagian dua), serta dualitas makhluk hidup: tumbuhan dan hewan. Selain itu, dualitas segi-segi manusia, dualitas segi-segi sosial, dualitas alam, dan dualitas ayat-ayat Alquran.
Untuk memperkuat pembahasannya, penulis melengkapi buku ini dengan ilustrasi berupa gambar, foto, maupun sketsa tentang kota, tumbuhan, hewan, manusia, kendaraan dan sebagainya.
Membaca buku ini akan memudahkan kita memahami dualitas kehidupan. Kita pun dapat melihat fenomena alam dan kehidupan dalam keseimbangan
(ika )
Republika, Jumat. 04 Agustus 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar